- Back to Home »
- Kegiatan Praktek Otomotif SMK Negeri 1 Purworejo
Posted by : Unknown
Jumat, 28 November 2014
Assalmau'alaikum wr wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang sekilas kegiatan praktek di sekolah saya. nah kegiatan praktek ini adalah kegiatan membongkar mesin sepeda motor Honda 85cc, hahaha motor lawas yow... tapi rapopo kan sing penting biso oleh ilmune. hehe.
Praktek ini membutuhkan alat-alat seperti : 1 Set toolbox , kunci T 8, 10, 12, 14, 1 set kunci L , Nampan , Majun , dam tentunya Mesin Sepeda motor Honda 85cc.
Keselamatan kerja sangat penting pada praktek kali ini , pada praktek kali ini untuk keselamatan kerja kita di haruskan Berdoa sebelum dan setelah praktek agar praktek dapat berjalan lancar, mengenakan Wearpack (pakaian praktek/kerja), menggunakan alat sesuai fungsinya (tentunya), patuhi instruksi dari pembimbing (ojo ngeyel, haha) , dan jika ada kesulitan tanyakan pada pembimbing (ojo mung podo meneng bae) . hahaha....
Baiklah kita mulai dari perkenalan Crew kelompok 6 Teknik Kendaraan Ringan B SMK Negeri 1 Purworejo.
Yak, dimuali dari sebelah kiri ada Tri Yoga Ikhtira Nugraha, di kanannya ada Uhrizal Setyawan, di sampingnya ada Windi Lestari, dan yang paling kanan ada Wahyu Wibowo. maaf, saya lagi engga ada di foto , soale lagi moto hahaha. saya sendiri Wahid Hasan Al Dzikri. baik, segitu aja perkenalannya ya, hehe. dilanjutkan lagi.
Oke, sekarang kita mulai dengan mesinnya,
Di atas adalah gambar mesin sepeda motor Honda 85cc. mesine seko stand lho, uduk seko motore uwong njuk di protoli, hahaha...
Mesin tersebut kemudian di bongkar dan di peroleh gambar seperti di bawah ini .
Di atas adalah gambar komponennya, komponennya ada yang tidak lengkap (maklumlah motor tuwo haha). tapi yang terpenting kita dapat mengetahui komponen mesinnya, daripada tidak sama sekali. hehe..
Head Silinder ini tentunya mempunyai fungsi (yo iyolah hahaha) , Fungsinya sebagai berikut :
Berikutnya ada Blok Silinder gambarnya di bawah, hehe
Fungsi Blok Silinder ini adalah :
a. Sebagai kedudukan silinder dan kepala silinder.
b. Sebagai rumah mekanisme engkol (poros engkol, connecting rod, piston dll)
c. Tempat terjadinya proses langkah langkah pembakaran
d. Didalamnya terdapat silinder yang berfungsi sebagai tempat piston naik turun untuk menghasilkan langkah usaha,
Selanjutnya ada Motor Starter , ada yang sudah tahu fungsi Motor Starter untuk apa ? (cepetan terangke ) hahaha oke-oke, di sini Motor Starter berfungsi Pada saat suatu motor dalam kondisi mati, maka perlu adanya tenaga dari luar untuk memutar poros engkol pertama kali, putaran poros engkol ini dibutuhkan mesin untuk memulai siklus kerjanya atau dalam artian "mesin tersebut hidup". Ada banya cara yang digunakan untuk memutar poros engkol tersebut, diantaranya dengan cara mendorong kendaraan, meng engkol, meng-slah (pada sepeda motor) dan menggunakan motor listrik pada sepeda motor dan mobil. Dari cara-cara tersebut, paling banyak digunakan pada saat ini adalah dengan menggunakan motor listrik atau yang biasa kita sebut motor starter, dengan cara ini diharapkan proses dalam menghidupkan mesin dapat lebih efektif dan efisien. Motor starter ini menerima energi listrik dari baterai (aki), yang kemudian dirubah menjadi tenaga mekanik gerak, yang digunakan untuk memutar poros engkol melalui fly whell (roda gila).
Berlanjut ke inti pembahasan kita yakni, fungsi dari motor starter. Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa fungsi daripada motor starter pada sistem starter adalah :
Untuk merubah energi listrik dari baterai (aki) menjadi energi gerak (mekanik) yang akan digunakan untuk memutar fly wheel pertama kali yang dibutuhkan mesin tersebut untuk hidup atau melakukan siklus kerjanya.
Setalah mesin (engine) hidup maka tidak dibutuhkan lagi yang namanya motor starter untuk memutar fly wheel, karena pada saat mesin hidup, mesin sudah dapat menghasilkan usaha dalam siklus kerjanya, sehingga dapat berputar sendiri tanpa bantuan dari tenaga luar.
Selanjutnya ada Poros Engkol, Connecting Rod, dan Piston.
Fungsi poros engkol adalah untuk merubah gerak naik turun piston (torak) menjadi gerak putar yang akhirnya dapat menggerakkan roda gila (fly wheel).
Tenaga yang dipergunakan untuk menggerakkan roda kendaraan dihasilkan
pada oleh hasil pembakaran (langkah usaha), kemudian hasil pembakaran
ini dapat menggerakan torak, kemudian melalui batang torak dan dirubah
menjadi gerakan putar oleh poros engkol atau crakshaft.
Poros engkol menerima beban yang sangat besar dari piston (torak) dan connecting rod, ditambah dengan cara kerjanya yang bekerja pada kecepatan tinggi. Dengan alasan tersebut, maka poros engkol biasanya dibuat dari baja karbon dengan tingkatan dan daya tahan yang tinggi, dan dibuat dari bahan yang berkualitas tinggi.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang sekilas kegiatan praktek di sekolah saya. nah kegiatan praktek ini adalah kegiatan membongkar mesin sepeda motor Honda 85cc, hahaha motor lawas yow... tapi rapopo kan sing penting biso oleh ilmune. hehe.
Praktek ini membutuhkan alat-alat seperti : 1 Set toolbox , kunci T 8, 10, 12, 14, 1 set kunci L , Nampan , Majun , dam tentunya Mesin Sepeda motor Honda 85cc.
Keselamatan kerja sangat penting pada praktek kali ini , pada praktek kali ini untuk keselamatan kerja kita di haruskan Berdoa sebelum dan setelah praktek agar praktek dapat berjalan lancar, mengenakan Wearpack (pakaian praktek/kerja), menggunakan alat sesuai fungsinya (tentunya), patuhi instruksi dari pembimbing (ojo ngeyel, haha) , dan jika ada kesulitan tanyakan pada pembimbing (ojo mung podo meneng bae) . hahaha....
Baiklah kita mulai dari perkenalan Crew kelompok 6 Teknik Kendaraan Ringan B SMK Negeri 1 Purworejo.
Crew Kelompok 6 |
Oke, sekarang kita mulai dengan mesinnya,
Mesin Sepeda Motor Honda 85cc |
Mesin tersebut kemudian di bongkar dan di peroleh gambar seperti di bawah ini .
Komponen Mesin Honda 85cc |
Head Silinder (dari atas) |
Head Silinder (dari bawah) |
- Sebagai tutup ruang pembakaran
- Untuk menempatkan mekanisme katup
- Tempat pemasangan busi
- Tempat pemasangan saluran masuk dan saluran buang
- Tempat dudukan gear kamprat
Berikutnya ada Blok Silinder gambarnya di bawah, hehe
Blok Silinder (dari atas) |
Blok Silinder (dari samping) |
a. Sebagai kedudukan silinder dan kepala silinder.
b. Sebagai rumah mekanisme engkol (poros engkol, connecting rod, piston dll)
c. Tempat terjadinya proses langkah langkah pembakaran
d. Didalamnya terdapat silinder yang berfungsi sebagai tempat piston naik turun untuk menghasilkan langkah usaha,
Selanjutnya ada Motor Starter , ada yang sudah tahu fungsi Motor Starter untuk apa ? (cepetan terangke ) hahaha oke-oke, di sini Motor Starter berfungsi Pada saat suatu motor dalam kondisi mati, maka perlu adanya tenaga dari luar untuk memutar poros engkol pertama kali, putaran poros engkol ini dibutuhkan mesin untuk memulai siklus kerjanya atau dalam artian "mesin tersebut hidup". Ada banya cara yang digunakan untuk memutar poros engkol tersebut, diantaranya dengan cara mendorong kendaraan, meng engkol, meng-slah (pada sepeda motor) dan menggunakan motor listrik pada sepeda motor dan mobil. Dari cara-cara tersebut, paling banyak digunakan pada saat ini adalah dengan menggunakan motor listrik atau yang biasa kita sebut motor starter, dengan cara ini diharapkan proses dalam menghidupkan mesin dapat lebih efektif dan efisien. Motor starter ini menerima energi listrik dari baterai (aki), yang kemudian dirubah menjadi tenaga mekanik gerak, yang digunakan untuk memutar poros engkol melalui fly whell (roda gila).
Berlanjut ke inti pembahasan kita yakni, fungsi dari motor starter. Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa fungsi daripada motor starter pada sistem starter adalah :
Untuk merubah energi listrik dari baterai (aki) menjadi energi gerak (mekanik) yang akan digunakan untuk memutar fly wheel pertama kali yang dibutuhkan mesin tersebut untuk hidup atau melakukan siklus kerjanya.
Setalah mesin (engine) hidup maka tidak dibutuhkan lagi yang namanya motor starter untuk memutar fly wheel, karena pada saat mesin hidup, mesin sudah dapat menghasilkan usaha dalam siklus kerjanya, sehingga dapat berputar sendiri tanpa bantuan dari tenaga luar.
Motor Starter |
Poros Engkol, Connecting Rod, Piston |
Poros engkol menerima beban yang sangat besar dari piston (torak) dan connecting rod, ditambah dengan cara kerjanya yang bekerja pada kecepatan tinggi. Dengan alasan tersebut, maka poros engkol biasanya dibuat dari baja karbon dengan tingkatan dan daya tahan yang tinggi, dan dibuat dari bahan yang berkualitas tinggi.
Fungsi Connecting rod.
Batang torak atau connecting rod adalah suatu komponen utama mesin yang berfungsi untuk menghubungkan piston ke poros engkol dan selanjutnya menerima tenaga dari piston yang diperoleh dari pembakaran dan meneruskannya ke poros engkol. Bagian ujung connecting rod yang berhubungan dengan pin piston disebut small end. Sedangkan yang berhubungan dengan poros engkol disebut big end. Poros engkol berputar pada kecepatan tinggi di dalam big end, dan mengakibatkan temperatur menjadi naik. Untuk menghindari hal tersebut, maka metal dipasangkan dalam big end. Metal ini dilumasi dengan oli dan sebagian dari oli ini dipercikkan dari lubang oli ke bagian dalam piston untuk mendinginkan piston atau torak.
Batang torak atau connecting rod adalah suatu komponen utama mesin yang berfungsi untuk menghubungkan piston ke poros engkol dan selanjutnya menerima tenaga dari piston yang diperoleh dari pembakaran dan meneruskannya ke poros engkol. Bagian ujung connecting rod yang berhubungan dengan pin piston disebut small end. Sedangkan yang berhubungan dengan poros engkol disebut big end. Poros engkol berputar pada kecepatan tinggi di dalam big end, dan mengakibatkan temperatur menjadi naik. Untuk menghindari hal tersebut, maka metal dipasangkan dalam big end. Metal ini dilumasi dengan oli dan sebagian dari oli ini dipercikkan dari lubang oli ke bagian dalam piston untuk mendinginkan piston atau torak.
Dalam pemasangan batang torak (connecting rod) harus dipasangkan sesuai
dengan tanda. Apabila salah pemasangannya akan menutup lubang oli. Untuk
hal ini, tiap batang torak terdapat tanda. Tanda ini bermacam macam
tergantung pada tipe mesin dan harus teliti dengan menggunakan buku
pedoman reparasi.
Piston
Fungsi piston adalah untuk menerima tekanan hasil pembakaran campuran gas dan meneruskan tekanan untuk memutar poros engkol (crank shaft) melalui batang piston (connecting rod).
Fungsi piston adalah untuk menerima tekanan hasil pembakaran campuran gas dan meneruskan tekanan untuk memutar poros engkol (crank shaft) melalui batang piston (connecting rod).
Berikut ini adalah video saat praktek saat setelah mesin dibongkar.
Yak, cukup sekian postingan kali ini, jika ada kesalahan mohon maaf, semoga memberi sedikit manfaat bagi yang membacanya, hehehe
Spesial thanks to :